Jumat, 19 Juni 2015

TUGAS 4 BAHASA INDONESIA 2 - BARANG EKONOMI



Barang Ekonomi adalah produk fisik yang dapat di berikan seorang pembeli dan melibatkan perpindahan kepemilikan dari penjual ke pelanggan. Barang ekonomi sendiri merupakan alat tukar untuk memuaskan kebutuhan manusia. Sebagai contoh seperti emas, handphone, motor dan masih banyak lagi yang lain. Pada zaman dahulu kala bila kita ingin mendapatkat suatu barang, kita harus melakukan barter. Karena pada zaman itu barang masih sangat terbatas hanya orang-orang tertentu yang mempunyai barang dengan manfaat ternetu. Dengan berjalan nya waktu, bila kita ingin mempunyai barang tertentu kita tidak harus melakukan barter karena bisa membelinya di pasar bebas.

Barang sendiri mempunyai 2 jenis, yang pertama barang primer dan yang kedua barang sekunder. Barang primer adalah barang yang wajib kita penuhi seperti beras, rumah dan lain-lain. Barang primer itu sendiri dapat di artikan barang yang sangat berpengaruh dalam kelangsungan hidup manusia. Sedangkan barang sekunder adalah barang pemuas yang tidak wajib kita miliki, contoh seperti handphone, motor dan mobil. Apabila kita tidak punya barang sekunder itu pun kita dapat menjalani kehidupan. Mana dari itu kita harus lebih mempriotaskan barang primer.

Kita manusia sebagai makhluk konsumen harus dapat memanjemenkan perekonomian kita. Bila kita terlalu mempriotaskan kebutuhkan sekunder maka kebutuhan primer kita nanti akan berantakan. Dalam menentukan kebutuhkan sekunder, kita harus lebih selektif. Kita harus tau mana yang kita lebih butuhkan untuk menunjang kebutuhkan primer. Karena banyak dari manusia yang tidak selektif menentukan kebutuhkan sekunder mereka, dan pada akhirnya mereka menghabiskan banyak uang untuk membeli barang ekonomi yang tidak berguna. Karena pemilihan barang ekonomi yang pas sesuai kebutuhan dapat menimbulkan pertumbuhan ekonomi yang baik untuk kita sendiri.

DAFTAR PUSTAKA 
Aini, Ratu. “Pengeritian barang ekonomi”. 20 juni 2015. http://www.scribd.com/doc/52928257/pengertian-barang#scribd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar