Kamis, 14 Maret 2013

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN



Setiap manusia yang hidup di suatu Negara pasti mempunya generasi-generasi yang beragam dari nenek moyang mereka, biasanya nenek moyang mereka mempunyai kebiasaan turun- temurun dan sampai sekarang masih di lakukan oleh setiap manusia, bahkan manusia menyebutnya sebagai budaya mereka. Manusia tidak bisa lepas dari yang namanya budaya, karena mereka tinggal di suatu Negara yang dulunya Negara itu di tempati oleh nenek moyang mereka dan menciptakan budaya sendiri. Budaya itu sendiri di setiap Negara berbeda-beda hal itu disebabkan karena wilayah yang berbeda. Contohnya Negara Indonesia yang banyak sekali mempunya budaya yang unik dan beraneka ragam hampir setiap daerah mempunyai kebudayaan sendiri dari leluhur mereka dan masih mereka jalani sampai saat ini.

Seiring berjalannya waktu, kebudayaan yang dulu banyak di lakukan sekarang malah hamper hilang di telan bumi karena gampangnya budaya barat yang masuk kedalam Indonesia, dan masyarat Indonesia menggap lebih asik budaya barat dari pada buda nenek moyang mereka sendiri, contohnya dulu pemusik gamelan banyak di temui di Indonesia di daerah jawa sendiri kalo ada orang kawinan atau ada acara pasti menampilkan music gamelan, sekarang orang yang bisa main gamelan aja sudah sangat langka, kebanyakan orang yang bisa main gamelan yang orang-orang tua, anak mudah sudah amat sangat langka yang berminat bermain gamelan, mereka lebih minat ke music Rock, Pop dan masik banyak lagi.

Menurut saya udaya gamelan sendiri masih bisa di selamatkan dari kepunahan dengan cara pemerintah harus membuat kurikulum baru misalnya di pelajaran seni musik, siswa harus diajarkan bermain gamelan agar siswa/siswi tersebut tahu kalo gamelan itu tidak kalah enak dengan music Pop, dan pemerintah membuat kontes atau event-event tentang musik gamelan itu sendiri agar pemain music gamelan dari musim ke musim dapat bertambah lagi. Kita sebagai bangsa  Indonesia harus bisa menjaga budaya tersebut agar tidak punah atau di klaim oleh Negara lain, ini hanya 1 contoh kebudayaan Indonesia yang hampir punah tidak menutup kemungkinan kebudayaan lain nasib nya sama. Manusia tidak bisa lepas dari kebudayaan karena sebelum kita lahir kebudayaan sudah ada dan diciptakan oleh nenek moyang kita, sekarang tugas kita merawat dan melestarikan budaya itu agar tidak punah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar