Kamis, 18 April 2013

Manusia dan Keadilan



Setiap manusia yang hidup di dunia harus mempunyai keadilan yang sama terhadap manusia lain dalam keadilan hukum maupun keadilan social. Negara Indonesia merupakan Negara hukum, oleh karena itu warga Negara berhak mendapatkan keadilan hukum yang sama tanpa membeda-bedakan kalangan tertentu. Di dalam pancasila yang di anggap oleh Rakyat Indonesia sebagai ideology Negara terdapat peraturan untuk masyarakat mendapatkan keadilan sesuai isi Pancasila yang 5 yang berbunyi keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, akan tetapi keadilan di Indonesia bisa di beli dan tidak merata untuk masyarakatnya. Bagi kalangan tertentu bisa membeli keadilan di Indonesia dan bagi kalangan bawah hanya bisa menerima nasib bahwa keadilan tidak memihak kepada mereka.

Indonesia merupakan Negara hukum yang hukum nya telah di atur dalam UUD 1945, akan tetapi semua yang tertera di dalam UUD 1945 tidak semuanya di jalankan di Indonesia. Contoh nya koruptor yang korupsi hingga milayaran rupiah yang sangat merugikan masyarakat Indonesia, masih bisa tenang-tenang saja bahkan ada masih bisa menikmati hasil korupsinya tersebut dan bila mereka tertangkap hukuman yang di berikan tidak sebanding dengan apa yang mereka lakukan berbanding kebalik dengan orang yang hanya mencuri ayam, orang yang mencuri ayam hukuman nya lebih berat di gebukin masyarakat dan di penjara, padahal dia mencuri ayam tidak sampai milyaran dan cuman merugikan 1 orang saja tidak seperti koruptor yang merugikan Negara.

Hal itu sangat bisa terjadi karena keadilan di Indonesia bisa di beli, hakim bisa di sogok dengan uang yang berlimpah dan meringankan masa tahanan si koruptor, sedangkan maling ayam hanya bisa pasrah menerima keputusan hakim. Padahal sudah di jelaskan di pancasila bahwa keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia, keadilan yang tanpa membeda-bedakan status social ataukan jabatan.

Menurut saya keadilan di Indonesia bisa di tegakkan, asal kan manusia yang berhubungan dengan keaman ( polisi ) dan kejaksaan bisa memegang teguh apa yang telah di terapkan di UUD dan berkata tidak terhadap sogokan. Maka dengan begitu keadilan bisa di rasakan oleh masyarakat Indonesia, dan dunia juga tahu Negara Indonesia menjujung tinggi warga Negara nya, jadi para turis juga merasa nyaman bila berkunjung ke Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar